oleh

Pesan Ke-9 SBY: Tahan Godaan Harta, Wanita, dan Takhta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan 10 pesan saat memberikan pembekalan kepada 735 calon perwira remaja (Capaja) TNI dan Polri di Gedung Samudra, Kompleks Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/7/2013) malam. Dari 10 pesan tersebut, salah satu pesan dari Presiden berisi nasihat agar para calon perwira remaja yang dilantik hari ini, Selasa (2/7/2013), tidak mudah tunduk pada godaan harta, wanita, dan takhta.

“Tahanlah terhadap tiga godaan, yaitu harta, takhta, dan wanita. Harta dalam arti jangan pernah mencari dan mengumpulkan secara tidak sah, ilegal, melawan hukum, dan haram. Yang kedua yaitu wanita, lihat setiap ada godaan wanita tergoda oleh pria, pria tergoda oleh wanita, ingat yang jauh, pikirkan baik-baik bahwa perjalanan kalian masih panjang. Ingat orang tua, ingat keluarga, ingat adik, ingat anak kalau sudah punya anak dan sebagainya. Takhta sudah pasti, kalau menjadi perwita militer, perwira kepolisian, sudah pasti pendidikannya seperti apa, kira-kira jabatannya apa. Tapi ingat, jangan merebut posisi suatu jabatan. Kalau ingin jadi presiden ya ikut pemilihan presiden,” tutur Presiden

Pesan ke-9 dari Presiden ini kemudian ditutup dengan pesan ke-10 yang berisi agar setiap calon perwira remaja senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Mahaesa.

Presiden mengakui bahwa pesan-pesan yang disampaikannya tahun ini tidak jauh berbeda dengan rangkaian pesan darinya pada tahun-tahun yang lalu. Hanya saja, tetap disesuaikan dengan situasi terbaru, baik di Indonesia maupun di dunia.

Delapan pesan Presiden lainnya berisi tentang kualitas seorang perwira, meliputi idealisme, melakukan yang terbaik, wawasan dan pengetahuan, serta daya saing. Pesan lainnya berbunyi pula tentang etika profesionalisme dan mental tangguh, serta percaya pada diri sendiri dan tak bergantung pada orang lain.

ā€œSaya sering mendengar, banyak sekali sekarang ini perwira yang cari sponsor ke sana kemari, cari gantolan ke sana kemari. Ini tidaklah baik, tunjukkan bahwa kalian memiliki kemampuan sendiri, berupaya sendiri, berjuang sendiri dengan harapan jika semua dengan baik, kalian akan terus menempuh karier yang baik,ā€ tegas Presiden SBY.

Presiden lalu berpesan agar setiap calon perwira nantinya tidak pilih-pilih tugas, jabatan, dan penempatan. Pasalnya, semua pengalaman berfungsi untuk membentuk seorang perwira yang berkualitas.

Dalam acara pembekalan tersebut, hadir pula Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Pendidikan Mohammad Nuh, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, KSAD Jenderal Moeldoko, KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, dan KSAL Laksamana TNI Marsetyo.(kompas.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *